!!!.....اَهْلاً وَ سَهْلاً

"Dan Janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu beriman. (Ali-'Imran:139)



Minggu, 10 Februari 2013

Cathar seorang kader #04


Sejak 12 juni 2012, hingga saat ini memasuki pertengahan bulan kedua tahun 2013..itu berarti sudah hampir delapan bulan aku menjalani amanah sebagai seorang kaka pembina untuk ade-ade MTS ku di Asrama Putri Hidayatullah Gutem Ini...

..tapi, aku lebih senang menyebut hari-hari amanahku, sebagai masa perkuliyahan di universitas kehidupan..dan aku menyebut ade-ade ku sebgaai dosen2 Terbaikku. Aku belum tau sampai kapan aku akan menjalani amanah ini..tapi yang aku tau, sampai hari ini, aku belum melakukan apa-apa untuk mereka...meskipun ketua Sekolah Tinggi ku waktu kuliyah dulu mengatakan “kita bukan sedang menunggu hasil, tapi sedang berupaya semaksimal yang kita bisa, Hasil itu Qodarullah”
 Yang jadi permasalahan...”Aku belum berupaya maksimal ustadz”..., Aku sangat menyadari..seperti apa yang aku alami saat itu…


Hari senin, pagi itu hujan gerimis menyelimuti kampus Gutem ku, setelah memastikan asrama aman dari ade-adeku yang memiliki sejuta alasan untuk tidak sekolah, aku kembali ke kamar berniat untuk tidak keluar kamar seharian, cuaca tak bersahabat dan rasanya aku kurang sehat hari itu..belum juga kepalaku menyentuh bantal yang tersusun rapi di atas kasur, Nasyid Yaa Akhi  milik Ahmed Bukhatir ,,mengalun dari Handphone ku. ‘Ummu Yasin’.. nama itu tertera menutupi wallpaperku...ini pasti panggilan dinas...tapi belum sempat ku angkat, Call ended..panggilan itu berakhir..disusul suara ketukan dipintu kamarku..Owh..beliau hanya ingin memastikan aku ada di Kamar pagi itu...
            ”kak evy..bantuin ummi Razia kamar lemari yah..sama guru-guru MTS dan Aliyah”
            “Iya Mi, Nanti ana nyusul kesana !”
Hampir satu jam lebih razia itu berlangsung. Kini Semua dewan guru bersiap kembali ke kantor masing2 dan guru BK juga bersiap memanggil beberapa nama yang terdakwa...dan aku? Aku hanya ingin beristirahat sejenak..migrain menyerangku...aku sudah berjalan meninggalkan lokasi penggeledahan..tapi, samar-samar, seperti mendengar ada yang mencariku.
            “Ummu Yasin, ada k’Evy yah?”..Hmm..tepat, kepala sekolah MTS itu mencariku...berbalik arah deech..sepertinya penting !
            “cari ana yah ustadzah? Ada apa?”
Ummu Yasin lantas mendekatiku dan menyampaikan berita yang sukses menghilangkan migrainku pagi ini..yah, sakit kepala sebelah itu berganti menjadi sakit diseluruh sel-sel kepalaku, tidak hanya sebagian >,<”
            “Kak Evy, 3 orang anak MTS kelas 1 kabur:!!!!
Innalillahi ade2 ku...,!!!!
 Ceck en Ricek mreka kabur  setelah mengikuti Apel Senin pagi seperti biasa, melewati jalan tak wajar dibelakang kampus. Entah wilayah mana, heran..padahal ane yang udh sekian tahun tinggal disini gak tau jalan-jalan tikus disekitar kampus.., Anehnya dua diantara mereka berasal dari luar Balikpapan..
Berkat kerjasama beberapa pihak, kami berhasil mendapat informasi mereka ada di rumah kerabat salah seorang di antara mereka, berhubung sudah magrib dan tidak ada yang bisa mengantar atau menjemput..kami mnta mereka menginap dan di antar keesokan harinya...
Diberanda rumah Ummu Yasin...mereka bertiga duduk dihadapanku dan ummu yasin, hanya satu di antara ketiganya yang menampakkan wajah penyesalan..yang lainnya???
            “Kenapa sih de’ harus pake acara kabur?” perlahan aku mendekati salah seorang yang kelihatannya adalah dalang dari tindakan nekat ini..
Tau jawabannya???
            “Kita marah sama Umi Evy (Umi - paggilan mereka untuk pengasuh/pembina asrama), habisnya umi Evy Pilih kasih”
Jedarrrrr...gleteekkk..gletekk...Gubrakkk...kalo dikomik-komik..mungkin ilustrasinya wajahku merah en belakangnya background api menyala-nyala...Eleuh..santai amat mereka bilang kabur karena marah ma ane...
Ishbiryy Vy..Ishbiryy... ^_^
            “Umi minta maaf yah de’, klo udah berbuat gak adil. Tapi umi boleh tau gak? Gak adilnya gimana sih? Perasaan kalau membangunkan sholat, umi bangunin semua. Suruh sekolah, makan, umi suruh semuanya. iyakan?” mencoba sedikit investigasi statemen mereka..
1.      “mana ada, umi lebih sering ngobrol2 sama ‘bagiannya’ gak ngajak kita!”
2.      “Umi, Jarang pinjamin kita HP !
3.      “Kalo yang rajin-rajin udah pada bangun, umi langsung keluar kamar”

Dan mengalirlah Protes2 mereka yang lain sebagainya. Anak MTS, gini yah caranya mereka berontak...satu pelajaran berharga,,,,SULITNYA BERBUAT ADIL.  Wajarlah kalau dalam ajaran Islam seorang hakim diibaratkan memiliki satu kaki dineraka dan sebelahnya di syurga...meski nyatalah keadilan hanya milik-Nya..dan kita hanya mampu berupaya mendekat.
 Konskwensi yang harus jadi evaluasi !!!
Protes itu mengalir dari sosok-sos0k kecil dihadapanku…bersyukur aku masih menyadari, MEREKA ADALAH ANAK-ANAK YANG BARU LULUS SD..dan yang terpenting MEREKA MEMBUTUHKAN PERHATIAN LEBIH..
Wuiih..umi evy segitu jahatnya yah?? Tapi coba sini, dengerin umi…, ingat gak dimana umi paling sering ngobrol2 sama mereka?
“di musholla, setelah belajar diniyyah, atau setelah menyetor hafalan !”
Yupz..mereka sadar…hanya diwaktu2 singkat  itu aku sering sharing dan banyak interaksi dengan mereka,,trus siapa yang gak diajak ngobrol??? Jelas aja yang gak jama’ah, jarang ikut diniyyah dan tidak menyetor hafalan…meski memberi penjelasan dengan ‘berusaha penuh kelembutan’..mereka hanya mesem2..
The last..aku Cuma pingin berbagi..adik-adik Mts ku berjumlah 76 orang anak…remaja yang berusia 12-15 tahun. Mereka cenderung kepada kehidupan social yang berkelompok. Hal ini dikarenakan mereka khawatir kalau dalam sosialnya tidak diakui kelompok seumurannya atau yangberusia di atasnya. Cara mereka mengambil perhatianpun Nampak dari keberaniannya melakukan tindakan apapun. Selain itu, mereka juga lebih sering menuntut kebebasannya sebagai individu yang mulai belajar berpikir bebas dan kritis. Seringkali kita melihat merekatidak ingin diatur dengan berbagai peraturan. Seiring dengan perkembangan tersebut, suasana hati mereka sering kali berubah-ubah. Tidak jarang dalam suatu waktu ia merasaan suasana yang menyenangkan, kemudian tiba-tiba berubah menjadi sangat sedih. Kadang menjadi anak yang baik, tetapi tidak jauh setelahnya mereka menjadi anak pemberontak.
Adik-adikku juga sama seperti anak remaja seusianya, memiliki mental spiritual yang tidak mudah di arahkan. Walau begitu, sebenarnya mereka itu sangat bergantung kepada lingkungan yang mempengaruhinya. Lingkungan tersebut yang akan membentuk karakter mereka. Lingkungan pertama yang paling berpengaruh adalah keluarga. Jika keluarga memiliki nilai-nilai spiritual yang tinggi, maka hal tersebut juga akan berpengaruh dalam sikap mereka. Ketika mereka hidup berasrama, teman-teman terdekat mereka adalah pihak yang akan membentuk karakter mereka.
Bagaimana pengaruh Murobbi atau kakak Pembina???
Hmm…mereka butuh keteladanan dariku,,, itulah yang aku sebut BELUM MAKSIMAL...
Banyak yang bilang  mereka keterlaluan,,sulit di atur  dan bikin pusing. Aku bukan tak menyadarinya..bahkan aku sangat merasakannya…tapi, satu hal yang tak bisa aku bohongi..AKU MENYAYANGI MEREKA…padahal aku bukanlah siapa2. Hanya seorang kakak Pembina yang mengenal mereka karena tuntutan amanah pengabdianku beberapa bulan yang lalu. Tapi, karena menyadari mereka amanahku..aku perih jika ada yang mengusik mereka atau menyebut-nyebut keburukan mereka seolah mereka tidak ada baiknya…akupun terkadang merasa perlu menahan kesabaran luar biasa dengan tingkah mereka. Tapi, aku tetap tidak rela jika orang lain memarahi mereka dihadapanku..rasanya aku ingin mengatakan biarkan aku yang memarahi mereka…padahal aku sadar mereka butuh banyak ‘hantaman’ dan ‘guncangan’ untuk membuat mereka lebih kuat dan bertahan, dan aku belum mampu melakukannya sendirian.
Itu yang aku rasa, padahal aku hanya seorang kakak Pembina..bagaimana ibu kandung mereka??? Baru aku sadari kasih sayang seorang ibu kepada kita emang gak terbatas,, meski tidak selalu harus Nampak dan terlukiskan..tapi dihati..disana rasa itu tersimpan rapi.., selamanya !!!!!


Ketika mereka bangga menjadi santri,,,kenapa harus putus asa membina mereka...paling nggak mereka ada niat untuk berubah menjadi lebih baik..


 !!الصبراولي بك  ^,^



2 komentar:

  1. kita menunggu hasil...
    apakah harus di bln 6 atau segera...
    #maksud?????
    hadiah terindah dr Robb untuk kesabaranmu dinda;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn segera laah !!!! biarkan hadiah T'Indah itu dtg pada waktunya...
      kasian mreka dan ane gak enak mninggalkan mreka tanpa kesan apa2..hehehe

      Hapus

Syukron...Dah Baca...Add Your Comment Yaah...!!!!